Profil SMA Negeri 4 Bantimurung

SMA Negeri 4 Bantimurung-Maros merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Bantimurung-Maros didirikan berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Depdikbud Sulawesi Provinsi Sulawesi Selatan No. 0389/01/1990 tanggal 11 Juni 1990 dengan nama SMA Negeri 1 Bantimurung. Perubahan nama SMA Negeri 1 Bantimurung menjadi SMA Negeri 4 Bantimurung-Maros berdasarkan SK nomor 08 tahun 2011 tanggal 14 Februari 2011. SMA Negeri 4 Bantimurung merupakan satu-satunya SMA Negeri di Kecamatan Bantimurung.SMAN 4 Bantimurung Maros

SMA Negeri 4 Bantimurung-Maros terletak di Pakalu, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, sekitar 8 kilometer dari Ibukota Kabupaten, Turikale. Letaknya mudah terjangkau kendaraan umum sangat mendukung masyarakat sekitarnya untuk menyekolahkan anaknya di SMA Negeri 4 Bantimurung-Maros.

Saat ini SMA Negeri 4 Bantimurung-Maros sudah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sekitarnya, khususnya masyarakat Kecamatan Bantimurung. Semua itu tidak lain untuk meningkatkan kecerdasan generasi bangsa sesuai tuntutan masyarakat yang begitu cepat berkembang.

Kondisi sarana/prasarana dan kerja keras semua warga sekolah, memungkinkan SMA Negeri 4 Bantimurung-Maros tetap menjadi salah satu sekolah yang banyak diminati siswa/orang tua. Hal itu terlihat dari membanjirnya pendaftar pada setiap penerimaan siswa baru, sehingga tidak semua pendaftar dapat ditampung di SMA Negeri 4 Bantimurung-Maros.

Mulai Tahun Pelajaran 2008/2009 sampai Tahun Pelajaran 2010/2011, SMA Negeri 4 Bantimurung-Maros terpilih menjadi salah satu Rintisan Sekolah Kategori Mandiri/Sekolah Standar Nasional (RSKM/SSN). Melalui program ini, SMA Negeri 4 Bantimurung-Maros dapat sejajar dengan sekolah-sekolah lain di seluruh Nusantara, terutama dalam memenuhi 8 standar nasional pendidikan, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian. Pada tahun 2011, SMA Negeri 4 Bantimurung-Maros dipilih langsung oleh Bupati Maros mewakili Satuan Pendidikan tingkat SMA menjadi Sekolah Binaan Adiwiyata (Sekolah Berbudaya Lingkungan).